Monday, October 11, 2010

Mencegah Pembajakan di Dunia Pendidikan - Microsoft DreamSpark


Di kampus, khususnya mahasiswa Teknik Informatika, pasti menggunakan PC, yang harus diinstal sistem operasi.Sistem operasi apa biasanya? Windows. Ya, biasanya demikian. Aslikah? Hmm?

Masalah di Indonesia mungkin memiliki keterkaitan dengan masalah pencurian (baca: pembajakan) ini. Harga sistem operasi original sangatlah mahal. Rata-rata di atas angka 1 juta, untuk 1 lisensi. Jika di suatu kampus ada 100 komputer, berarti butuh dana 100 juta. Waw. Masalah pengadaan saja biasanya cukup sulit, lalu bagaimana dengan masalah yang 'mahal' seperti ini?

Tidak hanya itu. Microsoft Office, Visual Studio, SQL Server, dll. dll.. Rata-rata menggunakan perangkat lunak bajakan. Ini jelas masalah legalitas, dan mungkin harga diri. Walaupun, ada hal positifnya. Mencoba yang mahal dengan harga murah.

Situs Microsoft DreamSpark (http://www.dreamspark.com)
Mengatasi masalah ini, Microsoft membuat sebuah solusi. Microsoft DreamSpark, memungkinkan kalangan akademis untuk menikmati perangkat lunak mahal, secara legal, dalam lingkungan institusi pendidikan. Di dalamnya begitu banyak perangkat-perangkat lunak yang ditawarkan secara gratis, untuk dipelajari.

Ini bisa menjadi langkah pertama untuk memperbaiki citra bangsa, dan untuk melegalkan proses pembelajaran. Semoga ini bisa menjadi awal yang baik untuk perkembangan dunia TI Indonesia.

1 comment:

winendah said...

Bisa bisa bisa, thanks infonya...
semoga kampus kampus bisa cobain ini, "ngebayangin kalo microsoft inspeksi ke kampus di seluruh indonesia, yakin pasti tiap provinisi dapet :P"

Post a Comment

 
;