Tuesday, August 13, 2013

Butuh Waktu

"Bayi di dalam kandungan pasti akan memakan waktu 9 bulan. Kamu tidak bisa membuat bayi segera lahir setelah 1 bulan saja dengan menghamili 9 wanita."

Quote yang aneh di atas itu benar juga. -_-

Ada beberapa hal yang memang membutuhkan waktu untuk diwujudkan. Salah satu kelemahannya manusia ya ini: ingin semuanya serba instan. Tentu saja tidak bisa.

Ada kalanya manusia butuh untuk menginkubasikan diri dalam rangka latihan, berpikir, atau merenung, sehingga semakin expert di bidang yang ingin ditekuni. Tentu saja berpikir dan merenungnya yang produktif dan di-follow up dengan action. Percuma saja kalau rencana-rencana yang telah ditetapkan tidak dijalankan. Akan lebih baik juga setelah dilaksanakan juga di-review supaya tahu progress-nya.

Jangka waktu inkubasi itu beragam. Tiap manusia berbeda-beda dalam mencapai 1 level tertentu. Terkadang ada yang butuh waktu lama, tetapi ada juga yang tidak terlalu lama. Namun bagaimanapun, tetap saja, semuanya butuh waktu.

Memaksa sesuatu yang seharusnya diinkubasikan dulu supaya cepat selesai akan membawa bahaya. Bayangkan saja bayi yang belum 9 bulan dipaksa lahir. Seperti itu pula, ada hal yang harus dilakukan dan itu butuh waktu.

Asal teguh/istiqamah saja, sesuatu yang butuh waktu itu akan berbuah manis seharusnya. Tinggal tawakkal saja sebelum menginkubasikan diri. Jangan sampai lupa.

No comments:

Post a Comment

 
;